Mestikah Tingkat Pendidikan Seseorang jadi Acuan dalam Memilih Pekerjaan??

8 Desember 2007 at 4:53 am Tinggalkan komentar

Ada beberapa pendapat yang kadang membuat saya miris dan prihatin akan efeknya di masa yang akan datang. Ini terkait dengan pekerjaan yang digeluti dengan jenjang pendidikan seseorang.

Pengaruh budaya urban kian hari kian menjadi, orang lebih tergoda untuk mencari pekerjaan di daerah perkotaan, bahkan tak jarang meninggalkan perkerjaannya di daerah asal seperti tani, nelayan dll. hanya untuk menikmati oroma impian indah untuk bekerja di kota.

Hal ini juga berbanding lurus dengan beberapa pendapat masyarakat yang memicu minat untuk ikut ber-Urban-ria, dan meninggalkan pekerjaannya, salah satu pendapat “Ngapain kamu sekolah tinggi-tinggi klu akhirnya ngerjain sawah?”, atau pendapat … “Percuma donk kamu sekolah di luar negeri klu pulang ngurusin kebun melulu…”, atau pun pendapat ini “Saya sekolah biar bisa kerja di kantoran.”.
Kalau pendapat tersebut jadi acuan, maka tidak akan adalagi anak bangsa yang mau mengurusi sawah, tidak ada lagi yang mau ngurusi laut, tidak adalagi yang mau ngurusi kebun, semuanya mau bekerja di kantor. Padahal lapangan kerja dikantoran makin sedikit karena persaingan yang makin ketat.

Lalu kalau tidak ada yang bekerja di sektor riil seperti petani, nelayan dll, akhirnya produksi beras akan menurun, maka langkahnya kita akan impor beras. Kalau tidak ada lagi yang mau jadi nelayan, maka produksi hasil laut akan menurun, maka untuk menutupi kebutuhan hasil laut maka dilakukan impor. Kalau jumlah impor makin besar maka laju inflasi akan makin meningkat, maka upaya untuk memperbaiki ekonomi nasional akan makin sulit.

Sekarang sudah saatnya untuk mengubah cara pandang terhadap fungsi dari sekolah, guna dari pendidikan. Sehingga beberapa persepsi yang akan melemahkan kekuatan nasioanal terkait untuk pemulihan kondisi ekonomi dapat berjalan lebih baik.

Salam

Om Ino

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Pengaruh tekanan udara di kabin pesawat terhadap peredaran darah ke otak Tantangan dalam penetrasi TI di Daerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 63.266 hits
Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Top Clicks

  • Tidak ada

%d blogger menyukai ini: