Studi Banding di Pyeongchon Management High School, Gyeonggi-do, Seoul Senin, 25 Maret 2019

25 Maret 2019 at 11:44 pm 4 komentar

Untuk melengkapi Program Pelatihan Guru Luar Negeri (PGLN), berdasarkan permintaan kawan-kawan guru akhirnya Pendamping PGLN di Seogang College meminta kepada pihak Indonesia Korea Cultute & Study (IKCS) untuk menjadwalkan kunjungan ke salah satu Sekolah Kejuruan di Seoul – Korea Selatan agar kawan-kawan guru mendapatkan bentuk implementasi Pendidikan Vokasi di Korea Selatan. Usul ini sebenarnya tidak begitu yakin untuk diwujudkan karena kami telah mendapat penjelasan dari pihak kedutaan RI di Seoul bahwa untuk melakukan kunjugan ke Sekolah di Korea perlu perencanaan yang matang karea semua sekolah di Korea Selatan memiliki kurikulum dan jadwal yang padat, dan mereka sangat konsisten dengan jadwal tersebut. Namun dengan usaha dan perjuangan melalui kolega Mr. Cris Chang beliau menghubungi Prof. Hong Sung-houn di Yeuju Institute of Technology (Y-Tech) yang secara kebetulan memiliki kenalan kepala sekolah di Pyeongchon Management High School (PCM HS), akhirnya kami memiliki kesempatan untuk berkunjung ke sekolah tersebut.

Perjalanan kami tempuh dengan Bus dari IYC di Bangwha menuju kampus Y-Tech di Yeoju untuk menjemput Prof. Hong Sung-houn lalu Bersama menuju PCM HS, di gerbang sekolah kami telah melihat spanduk terpajang dengan tulisan “WELCOME – Selamat datang untuk mengunjungi- 2019.3.25 – Pyongchon Management High School”, walau kunjungan kami dijadwal secara dadakan namun pihak PCM HS telah melakukan persiapan dengan baik, hal ini terbukti dengan spanduk yang di siapkan di gerbang, di ruanga pertemuan dan Aula pertemuan, Banner yang pada TV Display, paparan dan penyambutan yang hangat dan bersahabat.

Saat memasuki Gedung kami diarahkan untuk masuk keruangan cafetaria yang sangat nyaman dan elegan, kami lalu ditawari minuman hangat dan beberapa snack kecil, sambil menikmati suguhan kami bincang-bincang ringan, lalu mereka memperkenalkan diri dengan Bahasa korea yang diterjemahkan oleh guru Bahasa Inggris, dari pembicaraan tersebut pihak sekolah menyampaikan bahwa nanti akan ada paparan dan tanya jawab, lalu kemudian akan berkeliling melihat aktifitas belajar maupun fasilitas yang ada. Setelah kami menikmati welcome drink kami kemudian diarahkan ke lantai II, di sana telah ditunggu oleh beberapa guru yang membagikan handout, air mineral, kue kering dan majalah sekolah yang telah dikemas dalam goodybag, hal tersebut memberikan kesan persiapan yang matang dan profesionalitas.

Pertemuan diawali dengan perkenalan Kepala sekolah Mr. Lee Keun Ho, Komite sekolah Prof. Dong Wook Lee, PhD. Yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari kami terkait nama dan instansi. Kegiatan berikutnya Kepala sekolah kemudian memaparkan profile sekolah yang dibantu tranlator dan dilanjutkan oleh ketua jurusan Mrs. Park Chong wa yang menjelaskan tentang Smart Content terkait bagai mana mereka belajar dan apa yang dipelajari. Pada kurikulum mereka pada umumnya mempelajari tentang bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, pithon. Mereka juga mempelajari metode pembuatan Aplikasi, Security dan robotic programming.

Beberapa informasi yang juga disampaikan adalah :

  • Program unggulan Employment Aligment Class, Mandatory Military Service Exception employment company. (Jika lulus Dibebaskan untuk ikut wajib militer)
  • Software leading School
  • Kegiatan Ekstra Kurikuler
  • Gyonggi Junior Content School, orientasi siswa SMP agar mengetahui tentang sekolah Vokasi
  • Autonomy club, Kelompok Belajar seperti PC-ZEN, TAG, 3D printing, Semicolones, Algoritma Pemrograman.
  • 1 team 1 complany Project, Pendampingan belajar langsung dari industri, Industri mengirimkan ekspert dibidang yang dibutuhkan siswa untuk didampingi dalam meningkatkan kompetensinya.

Berdasarkan paparan Mrs. Park Chong Wa kemudian kami diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi sekaitan dengan paparan, kurikulum maupun pola pembinaan guru yang dilakukan.

Kegiatan berikutnya kami berkeliling kampus, berikut ini beberapa ruangan yang sempat kami kunjungai :

  • Ruang Automomy Club, di ruangan tersebut telah ada beberapa group siswa yang mendemonstrasikan hasil aktivitas mereka seperti robot yang dapat melemparkan bola, sensor yang dikendalikan dari smart phone, desain tempat sampah otomatis, Virtual Reality dan beberapa hasil karya lain.
  • Ruang belajar untuk kulineri, diruang belajar tersebut didesain menjadi 2 bagian utama, ada bagian untuk belajar teori seperti kelas pada umumnya, dan ada bagian untuk kelas praktek yang penataannya sama persis dengan penataan diindustri.
  • Gedung Olahraga, para siswa terlihat sedang bermain bulutangkis, fasilitas olahraganya nyaman dan lengkap, ini dikarenakan adanya 4 musim di Korea sehingga pada waktu tertentu aktifitas olahraga diluar ruangan tidak dapat dilakukan.
  • Ruangan jurusan accounting dimana pada jurusan tersebut sedang melaksanakan program 1 team 1 complany project. Mereka memperlihatkan jadwal, ruangan pendampingan dan beberapa bentuk kegiatan yang rutin dilakukan diruangan tersebut.
  • Ruangan Boga, peserta didik sementara praktek membuat kue nastar, ada yang sementara membuat adonan, ada yang memanggang dan beberapa aktivitas lainnya, dan yang menarik kue kering yang dibagikan ke kami adalah produk dari para peserta didik di PCM HS. Kami juga mengunjungi ruangan untuk praktek masakan korea.
  • Ruangan Pertemuan, Ruangan ini mirip ruang teater, dari informasi yang diberikan ruangan ini digunakan untuk pertemuan rutin antara guru yang dilaksanakan 1 bulan 1 kali. Ruangan ini juga digunakan untuk pelatihan peningkatan kompetensi guru.

Hasil kunjuangan ke beberapa ruangan, menarik untuk menggali tentang desain kelas yang dibagi 2 bagian utama, ada space untuk teori dan untuk praktek. Hal tersebut saya tanyakan kepada Komite sekolah Prof. Dong Wook Lee, PhD terkait pola tersebut, beliau menjelaskan bahwa pihak pemerintah korea memberikan perhatian besar pada pendidikan vokasi, hubungan industri dengan sekolah vokasi sangat erat, kurikulum dan proses teaching factory sangat disupport oleh industri dan pemerintah sehingga apa yang dipelajari oleh peserta didik di sekolah sangat relevant dengan apa yang diterapkan di Industri. Sehingga pada dasarnya peserta didik vokasi sudah siap untuk bekerja di industi. Terkait pembiayaan mereka juga tidak pernah kesulitan karena pemerintah memberikan dukungan pembiayaan yang optimal untuk mendukung seluruh program di sekolah tersebut. Regulasi pemerintah juga sangat peduli dengan pendidikan dengan memberikan dukungan kepada sekolah untuk dapat bersinergi dengan industri.

Kunjugan ke PCM HS memberikan pengalaman menarik terkait bagaimana pengelolaan pendidikan vokasi mulai dari sarana dan prasarana, kurikulum, kegiatan belajar maupun kegiatan ekstra kurikuler hingga pada aspek pendukung pelaksanaan pendidikan di sekolah. Semoga informasi ini dapat menjadi wahana untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia. ***(Imran, Pyeongchon Managemant High School – Seoul, Korea Selatan)***

Terimakasih kepada :

Prof. Hong Sung-houn, Korena Language School Managing Director, Yeoju Institute of Technology

Prof. Dong Wook Lee, Head of BUT Support Group Dept. of e-Business/ Stenograph Professor/Ph. D

Lee Keun Ho, Principal Pyeongchon Management High School. 7

Entry filed under: Serba Serbi.

KUNJUNGAN KE KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA (KBRI) DI KOREA SELATAN The Charm of Torut : From Londa to the Clouds in To’Tombi

4 Komentar Add your own

  • 1. Amdiaty Amrah  |  26 Maret 2019 pukul 12:04 am

    Semangat😊 smoga kami jg dapat terpilih tuk berkunjung ke sana… Aamiin

    Balas
  • 3. Hardo  |  26 Maret 2019 pukul 5:24 am

    menyimpan dalam kenangan dan menuangkan dalam sebuah tulisan….is the BEST, keren Mas

    Balas
    • 4. imran sinong  |  18 Juli 2021 pukul 4:30 pm

      Terimkasih Mas, Sukses Selalu

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 68.023 hits
Maret 2019
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • Tidak ada

%d blogger menyukai ini: